Ruang Aspirasi


Nama :

Komentar :
Kode:
  244005
Komentar hanya akan ditampilkan 200 karakter

Berita Utama

Optimalisasi Fungsi Parpol Diharapkan Lahirkan Negarawan

 

PKSSemarang - Partai politik sebagai institusi politik tidak hanya menjadi politisi saja tapi menjadi negarawan sejati.  Politisi yang dimaksud disini adalah pelaku politik praktis ansich. Hal ini disampaikan oleh Anggota DPR RI Fraksi PKS Zuber Safawi pada pra Muskerda PKS Kota Semarang Sabtu (19/01).


“Parpol termasuk PKS, jangan hanya melahirkan politisi saja akan tetapi mampu melahirkan sosok negarawan yang mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik" jelas politisi PKS ini.

 

Zuber menjelaskan kapasitas wakil rakyat saat ini tidak semuanya memenuhi kapasitas sebagai seorang negarawan. Ini menjadikan terkadang wacana beberapa anggota dewan tidak bermuatan dan terkesan biasa saja. 

 

Peran Partai Politik

Zuber menyampaikan agar partai politik mampu melahirkan seorang negarawan, parpol hanya cukup mengoptimalkan fungsinya sebagai partai politik. Zuber menambahkan ada dua fungsi utama partai politik.

 

Pertama, Fungsi partai politik sebagai rekruitmen politik. Dalam melakukan rekrutmen hendaknya parpol memiliki frame rekrutmen pembentukkan pemimpin bangsa. Pria kelahiran Kudus ini menambahkan selama ini kesalahan parpol hanya mencari kemenangan saja.

 

"Jika partai hanya berorientasi pada kemenangan saja, biasanya yang akan direkrut partai politik adalah mereka yang punya tingkat popularitas tinggi tanpa memperhatikan kapasitasnya" Jelas Zuber kepada peserta pra mukerda.

 

Kedua, parta politik melakukan fungsi sebagai Pendidikan Politik. Selama ini rakyat hanya dibutuhkan partai politik hanya 5 tahun sekali. Masih ada frame kasih uang pilih saya. Hal ini tidak memberikan pendidikan politik bagi rakyat. Partai politik pada hakikatnya mendidik warga negara menjadi warga negara yang baik dan seimbang. Partai politik memiliki peran untuk menjadikan warga negara mengerti dan paham UUD 1945 serta tahu menjalankan fungsinya sebagai warga negara.

 

Beliau menyampaikan apabila partai politik tidak mengoptimalisasi fungsi diatas sama saja dengan merobohkan negara.  

 

"Jangan sampai negara yang sudah di bangun oleh para pahlawan ini kita robohkan. Maka kita (PKS) hadir untuk memperbaiki bangsa" jelas Zuber

 

 

Bang Yeka